Jalan Lingkung Kampus Unand Telah Selesai Dibenahi Sepanjang 1500 Meter

Jalan lingkar Kampus Unand selesai direhab
Jalan lingkar Kampus Unand selesai direhab (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Masyarakat sekitar maupun stakeholder yang berada di lingkungan Universitas Andalas ( Unand ) Padang lega. Ruas jalan lingkungan kampus telah tuntas dibenahi, sehingga mereka nyaman melewati jalan tersebut untuk melaksanakan aktifitas sehari - hari.

Ruas jalan tersebut telah direhab oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui dana APBN tahun anggaran 2019 lalu. Jalan yang direhab sepanjang 1500 meter, melalui usulan dari Universitas Andalas.

baca juga: Disparpora Bukittinggi: Semua Pengunjung Wajib Pakai Masker

Triksi Delinda mahasiswi Politeknik Negeri Padang mengaku senang jalan di lingkungan kampus menuju Politeknik Negeri Padang sudah diperbaiki. Sehingga ia bisa dengan leluasa pergi dan pulang kampus tanpa khawatir bahaya kecelakaan yang mengancam, akibat kurang bagusnya jalan yang dilalui.

Ia mengakui, selama ini jalan yang dilewati menuju kampus PNP dilewati melalui Rumah Sakit Unand . Namun setelah jalan diperbaiki, ia lebih cenderung menggunakan jalan ini, sebab lebih cepat sampai ke kampus, karena jarak tempuh yang dilalui cukup dekat.

baca juga: Disdikbud dan Kemenag Tanah Datar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Ini Syaratnya

"Selama ini jalan disana belum diaspal, hanya segelintir orang lewat sana. Karena sekarang sudah diaspal, saya lebih sering lewat sana. Disamping jalannya sudah bagus, lebih dekat ke kampus lewat sana dan masih belum banyak orang yang melewatinya," katanya.

Senada dengan itu, Rinda pegawai Bank BUMD Sumbar mengaku jalan yang bagus memudahkan dirinya untuk menempuh rute jalan yang sehari hari Ia lalui.

baca juga: Wagub Sumbar Nilai Persiapan Bukittinggi Untuk "New Normal" Sudah Matang

Namun demikian, kedepan hendaknya perbaikan jalan di lingkungan kampus bisa dilakukan secara menyeluruh. Baik itu dari gerbang kampus hingga ke bundaran Rektorat Unand , karena jalan lama yang dilapisi Paving Block sudah bergelombang, bahkan pecah-pecah.

"Mudah mudahan jalan dari gerbang Unand hingga ke Bundaran Rektorat diperbaiki juga. Karena kurang nyaman untuk dilewati, apalagi bagi mahasiswi dan ibu-ibu hamil," ucap wanita yang berkantor di sebelah Pusat Bahasa Unand itu dengan penuh harap.

baca juga: Hasil Swab, Satu Pasien Positif COVID-19 Bertambah di Lima Puluh Kota

Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri mengaku sangat bersyukur jalan lingkar telah selesai diperbaiki, karena sangat terbantu untuk kemudahan akses menuju kampus.

Terutama pada jadwal sibuk dan ada kegiatan berskala besar seperti wisuda, atau acara lain yang membutuhkan akses melalui jalan lingkar, sehingga dapat menghindari kemacetan lalu lintas.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selesainya perbaikan jalan menuju Kampus PNP, karena besar juga manfaat yang diterima civitas akademika PNP," ungkapnya dengan rasa syukur mendalam.

Kepala BPJN III Padang Aidil Fiqri melalui PPK 2.1 PJN II Sumbar Opukenigara mengatakan, perbaikan jalan lingkung Unand hanya dilakukan di tiga titik. Mengingat anggaran yang dikucurkan sangat terbatas.

"Spot pertama di Bundaran Rektorat hingga ke Rektorat Unand sepanjang 241 meter, kedua membenahi rigid amblas sepanjang 25 meter di dekat Fakultas Teknologi Pertanian, ketiga di spot jalan lingkar Unand ke Politeknik sepanjang 1385 meter," rinci Opukenigara

Perihal lanjutan perbaikan jalan di lingkungan Unand untuk tahun 2020 dijelaskan Opukenigara, telah diusulkan pihak Unand ke Menteri PUPR, namun demikian usulan tersebut belum masuk DIPA BPJN III Padang.

"Ada dua titik lagi yang perlu pembenahan. Spot pertama di jalur utama sepanjang 1156 meter serta spot kedua di jalan menuju Proyek PLTMH sepanjang 300 meter," tutupnya.(rilis)

Editor: Rezka Delpiera