Tiga Hewan yang Selamat dari Era Kepunahan Dinosaurus, Bertahan Hingga Sekarang

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Dinosaurus tercatat telah punah dari peradaban. Namun ternyata, ada beberapa hewan yang hidup di zaman yang sama dan berhasil selamat dari 'kiamat' tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Blue Planet Aquarium, setidaknya ada tiga hewan yang selamat dari kepunahan di zaman itu dan bisa bertahan hidup hingga saat ini. Jadi hewan apa saja yang dimaksud?

baca juga: Ini Fakta Menarik tentang Lumba-Lumba

Buaya

Sekitar 99 juta tahun lalu, Bumi dipenuhi oleh. Tapi ternyata, umur buaya lebih tua lagi karena sudah ada sebelum itu dan bertahan hidup selama 240 juta tahun.

baca juga: Tingkatkan Populasi Sapi dan Kerbau Lewat Sikomandan, Pemprov Sumbar Targetkan 132 Ribu Kelahiran Baru

Bahkan, ada satu zamam yang disebut dengan periode 'Creataceous' yang dipenuhi dengan berbagai buaya berukuran raksasa, seperti Sarcosuchus, Dryosaurus, Deinosuchus, dan Shieldcroc.

Lebah

baca juga: Beli Hewan Peliharaan Secara Online Malah datang Empat Kucing Hutan, Warga Padang Serahkan ke BKSDA

Menurut riset, para peneliti meyakini bahwa lebah untuk pertama kalinya muncul pada periode Cretaceous.

Di zaman ini, Bumi dipenuhi tanaman berbunga yang mulai mekar, sehingga memberi kawanan lebah stok makanan yang banyak untuk bertahan dari masa kepunahan dinosaurus .

baca juga: Ditemukan Fosil Dinosaurus Dewa Naga, Tapi Herbivora

Ular

Reptil sepertinya memiliki karakter yang tangguh. Selain buaya, ular juga berhasil hidup di tengah kepunahan dinosaurus .

Bahkan, peneliti menemukan fosil nenek moyang ular berumur 140 hingga 167 juta tahun lalu.

Dibandingkan dengan dinosaurus yang hidup sekitar 90 juta tahun lalu, hewan melata ini jelas berhasil mempertahankan eksistensinya hingga sekarang, meskipun ukuran ular tak sebesar zaman dahulu. (*)

Editor: Eko Fajri