Banjir Surut, Warga di Pangkalan Mulai Bersihkan Rumah

Kalaksa BPBD Lima Puluh Kota saat turun ke lapangan pasca banjir di Pangkalan
Kalaksa BPBD Lima Puluh Kota saat turun ke lapangan pasca banjir di Pangkalan (BPBD Lima Puluh Kota)
LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF -

Sempat menggenangi rumah warga, banjir yang melanda beberapa jorong di Pangkalan sejak Subuh mulai surut, Rabu 12 Februari 2020. Tercatat sebanyak 6 jorong yang mengalami dampak akibat naiknya debit air sungai Sungai Batang Maek, Sungai Batang Kasok dan Sungai Batang Sinama.

Kepala BPBD Joni Amir mengatakan, air yang menggenangi puluhan rumah ini sudah mulai surut sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Ia menjelaskan banjir tersebut terjadi karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir.

baca juga: Sempat Hilang, Warga Kecamatan Pangkalan Ditemukan Selamat

"Kami telah menerjunkan Tim Reaksi Cepat ke lokasi untuk melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak. Tadi pagi menurut laporan di lapangan air sudah mulai surut dan warga saat ini tengah membersihkan rumah mereka karena air yang menggenangi setinggi 50 cm," kata Kalaksa BPBD Lima Puluh Kota.

Menurutnya beberapa jorong di Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang terdampak adalah Jorong Pauah Anok, Jorong Banjaranah, Jorong Tigo Balai, Jorong Pasar Usang, Jorong Lakuak Godang, dan Jorong Subarang Koto Panjang. Ia menambahkan selain pendataan, BPBD juga terjun ke lapangan menyiapkan logistik dan perahu karet evakuasi serta tenda pengungsi.

baca juga: Tak Pandai Berenang, Seorang Anak Tenggelam di Bendungan Matur Agam

"Sementara data rumah yang terdampak tengah dilakukan pendataan. Diimbau kepada warga di area rawan bencana lainnya atau khususnya Pangkalan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrim saat ini," kata Joni Amir

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri