Pilgub Sumbar

Audy Joinaldy Blak-blakan: Buya Mahyeldi Sejak Setahun Lalu Minta Saya

Audy Joinaldy
Audy Joinaldy (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengusaha berdarah Minang Audy Joinaldy mulai mengapung dalam bursa Pilgub Sumbar 2020. Pengusaha muda (36) pertanian dan peternakan itu kabarnya akan mendampingi Mahyeldi Ansharullah dalam Pilgub Sumbar .

Teka-teki itu akhirnya terjawab saat silaturahmi dengan awak media disalah satu rumah makan di Kota Padang. Audy menceritakan lebih dalam awal pertemuannya dengan Mahyeldi. Bahkan saat Mahyeldi minta Audi untuk mendampingi kader PKS itu maju Pilgub.

baca juga: Melalui Video Conference, Ini yang Dibahas Mahyeldi dan Sandiaga Uno

"Carita awalnya setahun lalu. Beliau kemudian mau bertemu dengan saya dan akhirnya datang ke Sulawesi Selatan dengan difasilitasi oleh beberapa pejabat Kota Padang" kata pengusaha yang pusat bisnis di Sulsel itu di salah satu rumah makan di Kota Padang, Senin, 10 Februari 2020.

Dilanjutkannya, setelah bertemu dengan waktu yang singkat di Sulawesi Selatan (sekitar 5 jam), terlontar dari mulut Mahyeldi untuk mendampinginya saat Pilgub.

baca juga: Ramadan di Tengah Wabah Corona, Mahyeldi: Mari Kita Petik Hikmahnya

"Buya ngomong ke saya, "saya Sumbar satu Audi Sumbar dua. Kemudian beliau bilang lagi "saya BA 1 Audi BA 2". Ini bukan hoaks, bisa tanya langsung ke buya," tegas pengusaha muda yang rumahnya bersebelahan dengan rumah dinas Walikota Padang itu.

Pada saat itu, dia mengira ajak tersebut hanya bercanda, namun ajakan itu menjadi buah pikiran bagi pria kelahiran Jakarta, 16 Mei 1983 itu. Bahkan dia mengaku sempat mengalami penurunan omset akibat memikirkan ajakan dari buya.

baca juga: Wali Kota Padang Usulkan Pemerintah Pusat Lockdown Antar Pulau

"Lalu beberapa waktu setelah itu saya tanya balik, benaran buya ajak saya jadi wakil beliau gak jawab. Buya kan ngomongnya irit, beliau hanya bilang kalau bisa bantu saya dari dalam ngapain dari luar," ungkap Mahyeldi saat itu kata Audy.

Dari cerita Audy, ketertarikan Walikota Padang kepada dirinya tidak terlepas dari kesuksesan bisnisnya. Mahyeldi juga ingin Audi membangun Sumbar dan menularkan kesuksesannya di kampung ayah dan ibunya.

baca juga: Dinilai Ambil Keuntungan di Tengah Covid-19, Wako Padang Minta Menhub Tegur Lion Air

"Ayah dan ibu saya orang Solok, beliau juga berpesan sudah saatnya saya bangun kampung halaman. Bahkan keinginan beliau saya meninggalnya di Sumbar," bebernya.

Pengusaha jagung itu mengajaku sudah mendapatkan restu dari PPP untuk maju dalam Pilgub Sumbar 2020.

Politikus PPP Maidestal Hari Mahesa sebagai inisiator pertemuan itu mengatakan, karena latar belakang Audi bukan dari politik akhirnya menceritakan semua teka-teki yang selama ini menjadi pertanyaan publik.

"Ya sudah diceritakan semua oleh Audy. Kalau beliau latar belakangnya politik tentu lebih jawabannya diplomatis," ujarnya Esa sambil tersenyum kecil. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir