Dana KUR untuk Pariaman Rp170 Miliar

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pariaman , targetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) mikro sebesar Rp 170 miliar di tahun 2020.

Kepala Cabang BRI Kota Pariaman Puji Rustomo menuturkan perihal itu, dikatakannya besaran target ini melampaui besaran KUR mikro tahun 2019. Pada tahun 2019 KUR hanya mencapai Rp 163 miliar, Kamis (30/1).

baca juga: Pemko Pariaman Ajak Pelaku IKM Manfaatkan Teknologi dalam Pemasaran Produk di Masa Pandemi

"Naiknya target penyaluran KUR mikro ini merupakan kepercayaan pemerintah kepada BRI Pariaman untuk membantu pertumbuhan ekonomi di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman ," jelas Puji Rustomo.

Harapan dengan adanya KUR ini, kata Puji lagi, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

baca juga: Kebakaran di Padang Pariaman, Satu Orang Meninggal Dunia

Berkenaan dengan itu, dia membeberkan pada KUR tahun 2019, dana senilai Rp 163 miliar diberikan kepada 15 ribu lebih nasabah dan tingkat pengembalian kreditnya lancar.

"Hal itu, meskipun ada pengembalian kredit yang macet, cuma sekitar 1 persen yang artinya sangat kecil nasabah yang menunggak. Perihal ini bentuk dari kesadaran nasabah dalam melunasi kreditnya," ungkap Puji.

baca juga: 250 Personel Disiagakan untuk PSBB Libur Lebaran di Pariaman

Dikatakannya, besaran pinjaman KUR mikro maksimal Rp 50 juta satu kali kredit. Namun jumlah akumulasinya bisa mencapai Rp 250 juta.

"Selain itu, KUR ritel tahun 2019 berjumlah Rp 35,625 miliar. Jumlah itu naik menjadi Rp 46,136 miliar tahun 2020. Pinjaman KUR ritel besarannya diatas Rp 50 juta," jelas Puji.

baca juga: Lebaran di Tengah Pandemi COVID-19, Begini Aturannya di Pariaman

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri