Diguyur Hujan, Dua Nagari di Rahul Tapan Pessel Kembali Dilanda Banjir

Akibat hujan lebat, Kantor Camat Rahul Tapan juga ikut terimbas banjir
Akibat hujan lebat, Kantor Camat Rahul Tapan juga ikut terimbas banjir (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Diguyur hujan, dua nagari di Kecamatan Ranah Hulu Ampek (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat kembali direndam banjir, Senin 20 Januari 2020.

Dua nagari yang dilanda banjir ini, yakni Nagari Binjai Tapan dan Nagari Kampung Tengah Tapan. Banjir kembali mengganggu akses warga setempat.

Sekretaris Nagari (Seknag) Binjai Tapan, Almirizon mengungkapkan, banjir mulai naik karena hujan sejak pukul 15.30 WIB. Tak lama diguyur hujan, ketingian air mencapai setinggi lutut orang dewasa.

"Saat ini (pukul 18.00 WIB) kendaraan tidak bisa lewat lagi. Karena sebagian titik, air sudah mencapai sepaha orang dewasa," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, saat banjir terjadi warga sudah melakukan evakuasi barang-barang dan hewan ternak mereka.

"Barang terus dipindahkan ke tempat yang tinggi," terangnya.

Sementara itu, salah satu kepala kampung setempat mengakui, banjir yang terjadi di nagari itu cukup membuat warga was-was. Sebab, jika hujan bertahan lama dikhawatirkan banjir akan semakin tinggi.

"Tapi, kita berdoa untuk tidak seperti itu. Mudah-mudahan cepat surut. Karena ini sudah langganan kami setiap kali hujan lebat," kata Bustami, Kepala Kampung Pasar Baru, Nagari Binjai.

Sebelumnya, selama tiga hari berturut dari Jumat 27 hingga Minggu 29 Desember 2019 lalu dua nagari di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) ini juga dilanda banjir. Pemicu banjir selain hujan deras, juga karena luapan sungai.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com