Berawal dari Kongkow, Pengguna X-Trail Ronah Minang Dirikan XAROMAN untuk Kemajuan Wisata Sumbar

()

PADANG, KLIKPOSITIF – X-Trail Ronah Minang atau yang disebut XAROMAN, merupakan sebuah paguyuban pengguna mobil merek Nissan X-Trail di Indonesia berdarah Minang. Meski XAROMAN bukan komunitas mobil, namun berbagai kegiatannya tak jauh berbeda dengan komunitas pada umumnya.

“XAROMAN bukan club ataupun komunitas, tapi wadah silahturahiim sesama pengguna Nissan X-Trail berdarah Minang. Namun begitu, member XAROMAN juga eksis melakukan touring seperti komunitas mobil pada umumnya,” kata Ketua Umum XAROMAN Buyung Zemmy Archan, Kamis (12/12/2019)

Bahkan sekali sebulan, kata Buyung melanjutkan, XAROMAN juga rutin melakukan touring lokasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) dengan tujuan, untuk mengeksplore potensi-potensi yang ada di lokasi wisata ke wisatawan local dan manca negara.

Baca Juga

 “XAROMAN bukan hanya sekedar wadah silahturahim pemilik mobil Nissan X-Trail berdarah Minang, tapi juga bertekad untuk memajukan destinasi wisata di Ranah Minang melalui touring ke lokasi wisata,” ujarnya.  

Saat ini, sebut Buyung, sudah ada beberapa destinasi wisata yang telah dikunjungi. Diantaranya Tabek Patah, Harau, Puncak Anai atau Anai Land, dan Danau Kembar. Setiap touring, para member pun juga membawa serta anggota keluarganya.

“Di lokasi wisata, kami pun juga mengeksplore keindahan-keindahan objek wisata untuk dipromosikan kepada wisatawan melalui media social dengan harapan, agar kunjungan ke lokasi wisata yang kami eksplore meningkat,” bebernya.

Pendirian XAROMAN diawali dari kongkow-kongkow beberapa pengguna mobil Nissan X-Trail di Sumbar. Kongkow-kongkow itu kemudian berlanjut hingga pada 27 Juni 2018 lalu, di bentuklah XAROMAN. Deklarasinya, dilakukan di Aroma Kitchen Padang.

XAROMAN dicetus atas dasar untuk mempererat tali silaturahiim pengguna X-Trail berdarah atau keturunan minang di manapun berada. Bahkan saat ini, member aktif XAROMAN  lebih kurang 60 orang dan mereka, tersebar di beberapa chapter di kabupaten/kota di Sumbar dan Jambi.

Rinciannya, Chapter 1000 Rumah Gadang, Chapter Bingkuang (Padang, Padang Pariaman, dan Kota Pariaman), Chapter Bareh Solok (Kabupaten Solok dan Kota Solok), Chapter Pamalayu (Dharmasraya), Chapter Kota Arang Sawahlunto dan Sijunjung).

Kemudian Chapter 1000 Rumah Gadang (Solok Selatan), Chapter Pagaruyung (Tanah Datar dan Padang Panjang), Chapter Jam Gadang (Bukittinggi dan Agam), Chapter Talamau (Pasaman dan Pasaman Barat), Chapter Paliko (Payakumbuh dan Limapuluh Kota)

Sedangkan di Jambi, terdapat Chapter Batang Hari I (Tanjabbar, Tanjabtim, Batang Hari, Muaro Jambi dan Kota Jambi) dan Chapter Batang Hari II (Tebo, Bungo, Kerinci, Merangin dan Sarolangun). “Selain di Sumbar dan Jambi, XAROMAN juga tersebar di Pulau Jawa,” bebernya.

Di Pulau Jawa, tambahnya, XAROMAN tergabung dalam Chapter Depok Raya yang meliputi Kota Depok Include Jabodetabek. “Di Jabodetabek tersebut, membernya merupakan perantau minang yang memiliki Nissan X-Trail,” imbuhnya.

Humas XAROMAN Feri Febrizon mengatakan bahwa XAROMAN memiliki Visi yaitu menjalin silaturahmi yang baik untuk mencapai sebuah keluarga besar yang solid dan konsisten. Sedangkan Misi-nya, selain berperan memantu pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata di Ranah Minang, XAROMAN juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

“Beberapa kegiatan sosial yang sudah kami lakukan adalah anjangsana ke beberapa panti asuhan, dan melakukan penggalangan dana untuk korban bencana yang terjadi di Sumatera Barat,” kata Feri Febrizon didampingi Sekjen XAROMAN Joe Wahyudi.(*)

Penulis: Riki S