PLN Resmikan Jaringan 20 kV di GI Sungai Rumbai, Bupati Dharmasraya: Kita Siap Terima Investor

Pengguntingan pita tanda diresmimannya GI Sungai Rumbai oleh GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (empat dari kiri) dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan (lima dari kanan)
Pengguntingan pita tanda diresmimannya GI Sungai Rumbai oleh GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (empat dari kiri) dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan (lima dari kanan) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kunjungan kerja (kunker) dan peresmian jaringan listrik tegangan menengah pada Gardu Induk (GI) Sungai Rumbai dengan tegangan 20 kV, yang mana telah melakukan Comercial Operation Date (COD) per September 2019 di daerah tersebut, Senin, 9 Desember 2019.

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan upaya PLN dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap listrik masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Sebelumnya, masyarakat Dharmasraya masih mengalami kendala dalam hal kelistrikan karena pasokan listriknya masih diperoleh dari GI Kiliranjao dan GI Muara Bungo.

"Dengan adanya GI Sungai Rumbai ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh aliran listrik tanpa perlu mengeluh lagi jika terjadi pemadaman yang cukup lama," Kata Bambang pada KLIKPOSITIF usai peresmian GI tersebut.

Baca Juga

Selain itu, GI ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dalam pembangunan daerah. Pasokan listrik yang cukup dan andal tentunya dapat membuat investor percaya bahwa di Dharmasraya mereka dapat berinvestasi dalam berbagai sektor.

Menurutnya, kemajuan infrastruktur tentu harus diimbangi dengan semakin sejahteranya masyarakat dan majunya perekonomian daerah. PLN Sumbar merasa siap untuk menyediakan layanan kelistrikan bagi calon-calon pelanggan sebagai bentuk dukungannya untuk memajukan Negera ini hingga ke daerah terluar.

"Kami mengucapkan terima kasih pada Pemkab Dharmasraya atas dukungannya terhadap pembangunan GI Sungai Rumbai, sehingga mempermudah PLN mempercepat proses pembangunannya yang memakan waktu tidak sampai satu tahun. Pembangunan GI dalam jangka waktu satu tahun itu termasuk cepat dan bahkan sudah diujicobakan sejak September lalu," Katanya.

PLN juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama beralih menggunakan peralatan yang lebih ramah lingkungan, seperti menggunakan kompor induksi dan motor listrik dalam keseharian. Selain lebih ramah lingkungan, juga lebih praktis dan efisien digunakan. Terkait hal tersebut, PLN UIW Sumbar juga telah menyediakan sarana-sarana untuk memudahkan masyarakat, seperti hadirnya SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) di berbagai daerah di Sumatera Barat.
Di sisi lain, Bupati Kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasih pada PLN Sumbar terhadap kegesitannya dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik masyakat Dharmasraya. Sebelumnya masyarakat belum sepenuhnya menikmati aliran listrik dan masih sering mengalami pemadaman listrik sehingga beresiko merusak peralatan listrik yang dimiliki.

"Saat ini Dharmasraya sudah 100 persen dialiri listrik yang dapat dinikmati seluruh masyarakst kita," Kata Sutan Riska.

Ia mengungkapkan dengan diresmikannya GI Sungai Rumbai tersebut membuktikan bahwa dimulainya kemajuan Dharmasraya. Daerah baru dalam hal ini termasuk Kabupaten Dharmasraya membutuhkan pembangunan infrastruktur yang cepat sehingga dibutuhkan aliran listrik yang memadai.

"Sebelumnya kami memiliki kendala keterbatasan aliran listrik sehingga mempersulit investor untuk dapat berinvestasi di daerah kita. Namun untuk selanjutnya kita akan memanggil mereka kembali agar tidak ragu berinvestasi karena keterjaminan pasokan listrik ," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut PLN Sumbar melalui Yayasan Baitul Mal PLN juga melakukan pemberian bantuan sembako pada masyarakat sekitaran GI Sungai Rumbai. Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian PLN pada masyarakat sekitar.

"Kami memberikan bantuan senilai Rp9 Juta dalam bentuk sembako berjumlah 30 bungkus untuk masyarakat sekitar. Semoga bantuan ini dapat berguna bagi penerima bantuan," Kata Kepala YBM PLN Sumbar, Arif.(*)

Baca Juga

Penulis: Khadijah