Dua Kali Raih Juara Umum di Jamran, Zulmaidi: Kita Siap untuk Jamcab

(Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lubuk Kilangan (Luki) berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Jambore Ranting (Jamran) tingkat SMP/MTs se-Kecamatan Lubuk Kilangan yang mana akan membawa sekolah binaan PT Semen Padang tersebut ke pertandingan tingkat Kabupaten/Kota. Pertandingan yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Lemdadika Padang Besi selama beberapa hari lalu.

"Alhamdulillah, di akhir November 2019 atas rahmat Allah dan dukungan serta Doa dari berbagai pihak, siswa kita berhasil mempertahankan prestasi sebagai juara umum pada Jamran. Kita dua kali berturut-turut mempertahankan gelar kita pada lomba ini," ujar Kepala MTs Luki, Zulmaidi.

Ia menjelaskan, suatu kebanggaan juga baginya karena 10 orang siswa utusan MTs Luki mendapatkan kemenangan dari berbagai cabang lomba yakni juara 1 lomba Tapapak Perkemahan Putra, Juara 1 Pionering beregu, Juara 1 lomba Baca Puisi, Juara 1 Pidato, Juara 2 Tapak perkemahan putri dan Juara 2 Solo song. Berkat usaha mereka tersebut, seperti tahun 2018 lalu, mereka kembali meraih juara umum. Mereka menjadi juara umum pada pertandingan setelah bersaing dengan 1.200 orang pelajar lainnya yang turut serta pada kegiatan itu.

Baca Juga

"Berkat raihan prestasi siswa kita ini, maka pihak sekolah merasa sangat optimis bahwa mereka dapat kembali meraih prestasi di tingkat Kabupaten/Kota," ujarnya.

Dalam rangka menghadapi pertandingan ke tingkat yang selanjutnya, pihak sekolah berencana untuk memperkuat tim yang telah ada, karena utusan mereka yang menang saat ini masih bisa bertahan jika diadakan sebelum tahun ajaran baru.

"Hal itu karena sebagian besar peserta yang ikut pada juara umum ini berada di kelas XI . Namun jika lewat dari waktu tersebut, maka pihak sekolah akan mengalihkannya pada pelajar kelas VII," katanya.

Untuk kembali meraih juara, pihak MTs Luki akan fokus pada tiga hal yakni Briefing, Pembagian tugas dan Kesolidan tim.

Dijelaskannya, Briefing itu harus jelas guna mengekfetifkan langkah-langkah yang dilakukan oleh setiap anggota paramuka. Kedua, pembagian tugas yang menghasilkan kerja efektif. Ketiga, kesolidan tim.Karena kekompakan tim nampaknya menjadi pilihan favorit beberapa peserta karena tantangannya jauh lebih besar.

"Semoga kita dapat kembali meraih prestasi di tingkat yang selanjutnya dan mempertahankan prestasi yang sudah kita dapatkan kedepannya," tuturnya.(*)

Penulis: Khadijah