Gubernur Sumbar: Tak Ada Alasan Putus Sekolah di Kota Pariaman

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangani MoU Bantuan Keuangan bersifat khusus antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Pariaman terkait program unggulan sekolah gratis SMA/SMK di wilayah Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Rabu, 16 Oktober 2019
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangani MoU Bantuan Keuangan bersifat khusus antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Pariaman terkait program unggulan sekolah gratis SMA/SMK di wilayah Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Rabu, 16 Oktober 2019 (Istimewa )

PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Pariaman telah meluncurkan berbagai program dan bantuan kepada masyarakat miskin. Salah satunya inovasi program satu rumah satu sarjana.

Masyarakat miskin di kota ini miskin harus bisa bersekolah dan tak ada alasan putus sekolah, bahkan hingga sarjana.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mendukung penuh gerakan Kota Padang di sektor pendidikan tersebut. Salah satu dukungan dengan memberikan bantuan keuangan khusus.

Baca Juga

Penyerahan bantuan ditandai dengan penandatanganan Mou Bantuan Keuangan bersifat khusus antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Pariaman terkait program unggulan sekolah gratis SMA/SMK di wilayah Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Rabu, 16 Oktober 2019.

"Tidak ada lagi alasan untuk tidak sekolah, semua sudah ada program sekolah gratis di Pariaman, apalagi bantuan ini bagi masyarakat yang tidak mampu," kata Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menyebutkan, dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar hanya Kota Pariaman yang menerapkan program beasiswa satu rumah satu sarjana. Program ini menurunnya bisa menjadi pilot project bagi daerah lain.

"Kita berharap mereka yang dibantu selesai kuliah, bisa cepat bekerja dan bisa membantu keluarganya, hingga tidak ada lagi keluarga miskin," harapnya.


Untuk itu pemerintah provinsi minta data dari Pemko Pariaman terhadap warganya yang akan diberikan subsidi pendidikan oleh provinsi. Dengan mengutamakan keluarga yang tidak mampu untuk diberikan bantuan dalam bentuk subsidi yang akan diberikan.

Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, program satu rumah satu sarjana adalah program pendidikan untuk anak dari keluarga kurang mampu namun berprestasi, dengan tujuan mencerdaskan masyarakat Kota Pariaman.

Genius Umar menyampaikan, bahwa Program Satu Keluarga Satu Sarjana ini, merupakan program unggulan yang menginginkan dalam satu keluarga mampu mempunyai satu orang yang lulusan sarjana.

"Setiap keluarga harus mempunyai kemampuan, keterampilan dan skill yang dapat diandalkan, sehingga dapat menjadi generasi unggul, yang nantinya akan berimbas kepada peningkatan taraf hidup mereka dan keluarganya," ujarnya.

"Kami meyakini, bahwa pendidikan adalah formula paling ampuh dalam mengentaskan kemiskinan," tambahnya. (*)

Baca Juga

Penulis: Joni Abdul Kasir

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com