Trump "Ancam" Pasar Otomotif Eropa

Donald Trump bersama Kim Jong Un
Donald Trump bersama Kim Jong Un (net)

KLIKPOSITIF -Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa pemerintahannya tengah mengupayakan putusan khusus berkait sektor otomotif .

"Kami akan berlakukan tarif khusus sebesar 25 persen terhadap semua produk Mercedes-Benz dan BMW yang masuk ke negara kita," kata Donald Trump. Namun sesudahnya ia menyatakan bahwa kalimat itu hanyalah sebatas lelucon.

baca juga: Industri Mobil Listrik Tak Terlalu Terdampak Pandemi

Pernyataannya itu muncul menjelang berlangsung perundingan antara Amerika Serikat dengan Uni Eropa. Donald Trump menyatakan siap melancarkan ancaman memberlakukan tarif khusus terhadap mobil produksi Eropa, bila dalam perundingan antara mitra lama itu tak mengalami kemajuan.

"Uni Eropa menghambat sektor perdagangan kami secara luar biasa. Sehingga hasilnya sangat, sangat sulit," ujarnya di White House, Washington D.C akhie pekan lalu.

baca juga: Suzuki Rilis GSX-R125 untuk Pasar Jepang Saja

Trump berpendapat bahwa tarif atau biaya masuk kendaraan dari Eropa bisa digunakan agar Eropa menerima kesepakatan ekspor daging sapi dalam kuantitas lebih besar.

"Tarif kendaraan tak pernah dipertimbangkan sebelumnya. Jika saya tak mendapat apa yang saya inginkan, saya akan memberlakukan tarif kendaraan. Karena saya tak punya pilihan. Akan tetapi, sejauh ini respon mereka sudah sangat bagus," komentar Donald Trump.

baca juga: Volkswagen Bakal Jadi Pemasok Baterai Mobil Listrik Terbesar di Cina

Penulis: Ramadhani