PSSI Gelar Kursus Pelatih B AFC di Yogyakarta

Foto bersama
Foto bersama (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Untuk menambah jumlah pelatih berlisensi B AFC PSSI menggelar kursus pelatih B AFC pada 18 Juni hingga 1 Juli di Yogyakarta. Kursus ini diikuti oleh 24 pelatih dan diinstrukturi oleh Emral Abus.

Dari 24 pelatih tersebut beberapa nama adalah mantan pemain Timnas Indonesia seperti Erol Iba, Supriyono, Gendut Dony, Ilham Romadona.

baca juga: Ketum PSSI Angkat Dua Jenderal Purnawirawan TNI AD Sebagai Staf Khusus

“Secara keseluruhan, para peserta kursus ini tidak terlalu banyak mengalami kesulitan. Sebabnya, beberapa dari mereka sudah berkecimpung di klub atau bahkan tim nasional dan juga kalau diibaratkan sekolah, mereka sudah naik tingkat dari pemegang lisensi C AFC ke B AFC," kata Emral Abus, yang dikutip dari laman pssi .org.

"Kalau di C itu materinya lebih banyak ke teknik fundamental yang diajarkan. Tapi di lisensi B ini mereka diajarkan bagaimana mengasah kemampuan dalam sebuah permainan situasi sembilan lawan sembilan,” tambahnya.

baca juga: PT LIB Siapkan Skema Jika Kompetisi Dilanjutkan

Lanjut menurut Emral, bahwa para pelatih ini juga dituntut untuk harus memahami fungsional tugas pemainnya. Misalkan, dari peran yang dimainkan pemain tengah, depan, dan sebagainya. Sesuai dengan prinsip-prinsip sepak bola dalam bertahan dan menyerang. Dan dalam satu minggu ini para peserta fokus mendapatkan materi penyerangan baik secara individu maupun tim secara keseluruhan.

“Instruktur akan memberikan materi bertahan dan bagaimana caranya membangun serangan dari lini belakang. Pekan terakhir baru peserta mendapatkan porsi pelengkap seperti melatih kiper,” tambahnya Emral.

baca juga: Bahas Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Temui Menpora

Salah satu peserta kursus Ricky Riskandi mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya dan seluruh pelatih yang ikut kursus B AFC ini. 

“Materi yang diberikan teori dan praktek yang diajarkan dari pagi hingga sore setiap harinya. Hal ini sangat membantu dan menambah ilmu kepelatihan saya dan teman-teman pelatih disini. Yang paling penting adalah mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya,” kata Ricky.

baca juga: Cucu Somantri Mundur dari PT LIB, Ini Respon Bos Persiraja

Sementara, Direktur Teknik PSSI , Danurwindo mengharapkan agar kursus-kursus yang diselenggarakan oleh federasi dapat terus menambah jumlah pelatih lokal yang berlisensi B AFC yang tentunya berkualitas.

Daftar peserta kursus pelatih B AFC, Yogyakarta 18 Juni-1 Juli 2019

1. Ahmad Amirudin, Borneo FC
2. Wasiyatul Akmal, DKI Jakarta
3. Lulut Kistono, Persebaya 
4. Gusnedi Adang, PSPS
5. Ilham Romadona, Barito Putera
6. Yadi Mulyadi, Persib
7. Khusnul Yaqien, PSIS
8. Ismayana Arsyad, Madura FC
9. Kahudi Wahyu, Persibangga
10. Gendut Dony, Persitangsel
11. Miskardi, PPLP Riau
12. Leo Saputra, DKI Jakarta
13. Ricky Riskandi, Timnas U-22
14. Nurcholis Majid, Ex Timnas
15. Erol Iba, Semen Padang
16. Rahmat Hidayat, Asprov Jatim 
17. Komaruddin, PSS 
18. Asep Ardiansyah, PSS
19. Ega Raka Ghalih, PSIM
20. Supriyono, Ex Timnas 
21. Dian Oktovery, Sijunjung
22. Erwan Hendarwanto, Persitema
23. Fahrial Amiq, Asprov Jatim
24. Leonard Soputan, Persita

Penulis: Iwan R