Ruas Jalan Mandeh Terban, Akses Terhambat

Jalan terban di Pessel
Jalan terban di Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Ruas jalan Nasional yang terdapat di Kawasan Wisata Mandeh, tepatnya di Nagari Sungainyalo Mudiek Aia, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dilaporkan terban.

Wali Nagari Sungainyalo Mudiek Aia, Marjam kepada KLIKPOSITIF , Selasa (12/3) menyebutkan, ruas jalan yang terban ini terjadi sepekan yang lalu. Terbannya tampak parah, karena hanya tinggal sebagian bahu jalan yang bisa dilintasi.

baca juga: Kontak dengan Pasien Positif, 43 Warga Pessel Jalani Karantina COVID-19

"Kami tidak tahu pasti apa penyebabnya, yang jelas runtuh seperti itu saja," sebut Marjan saat dihubungi kepada KLIKPOSITIF .

Dia menjelaskan, untuk melintasi jalan tersebut, setiap pengendara terpaksa harus melalui badan jalan yang tersisa. Sebab, jalur alternatif hanya ada di jalan Nasional pada jalur utama Padang-Painan. " Jalan alternatif yang dekat tidak ada, kalau runtuh semua terpaksa memutar (jalan utama Padang-Painan)," jelasnya.

baca juga: Pemkab Pessel Buka Seluruh Objek Wisata Untuk Umum

Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah jalan akan segera diperbaiki atau tidak. Sebab, ruas jalan tersebut berada dalam penanganan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Padang, Ditjen Bina Marga.

"Kami dari nagari tidak mengetahui prosesnya, karena ini tanggungjawab pihak terkait,"tutupnya.

baca juga: 30 Warga Batangkapas Pessel Jalani Karantina COVID-19

Diketahui jalan yang terban di Sungainyalo ini merupakan ruas jalan alternatif menuju Mandeh. Setidak jalan nasional ini memiliki akses sepanjang 41,08 kilometer hingga batas Padang menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wisata Mandeh.

[Kiki Julnasri Priatama]

baca juga: Mau Uji Ketangkasan Bermotor? Coba Melintas di Jalur Maut Ini

Penulis: Agusmanto