Buru Kemenangan, Timnas Indonesia Waspadai Postur Pemain Filipina

Pemain timnas Indonesia saat latihan jelang laga kontra Filipina
Pemain timnas Indonesia saat latihan jelang laga kontra Filipina (PSSI)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti menyatakan bahwa anak asuhnya siap bermain dan bertekad meraih kemenangan melawan Filipina , meskipun tidak lolos ke babak semi final Piala AFF 2018.

Duel kedua tim ini akan tersaji di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, besok Minggu 25 November 2018 yang akan kick off pukul 19.00 WIB.

baca juga: Timnas U16 Berencana Gelar TC Virtual

Skuat Garuda sudah dipastikan tidak bisa lolos ke semi final ajang Piala AFF Suzuki 2018, hal ini karena baru meraih tiga poin dan kalah bersaing dengan Thailand dan Filipina sebagai pemuncak grup B.

Meski begitu, hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak bermain all out pada laga terakhir.

baca juga: Resmi, Ini Jersey Home Timnas Indonesia

"Pertandingan besok sangat penting buat kami. Meski dipastikan sudah tidak lolos, semua pemain bertekad untuk menutup grup dengan torehan kemenangan," katanya dilansir dari laman PSSI.

Menurut Bima, pemain Filipina memiliki postur yang tinggi dan hal itu menjadi fokus kewaspadaan mereka untuk memburu kemenangan.

baca juga: PSSI Akan Sesuaikan Gaji Pelatih Timnas

"Kita sudah siapkan untuk bagaimana menghadapi bola set piece dari mereka. Kondisi pemain saat oke semua dan kami sudah siapkan kompisisi terbaik untuk melawan mereka besok," tambah pelatih berusia 42 tahun ini.

Sementara, pemain belakang Fachruddin mengaku para pemain sepakat untuk tetap memberikan yang terbaik dalam laga melawan Filipina nanti. Harapannya agar kami bisa mengahiri turnamen dengan kepala tegak.

baca juga: Pelatih Timnas Indonesia Berikan Bantuan APD ke RS Pelni

"Saya berharap doa dan dukungan dari suporter Timnas Indonesia untuk laga besok agar kami meraih kemenangan. Kami jadikan kegagalan di Piala AFF Suzuki 2018 ini sebagai evaluasi agar kedepan kami lebih baik lagi," kata Fachruddin.

Sementara itu, Pelatih Filipina Sven-Goran Eriksson yakin timnya bisa meladeni perlawanan Indonesia pada laga pamungkas grup B ini. 

Mantan juru taktik Lazio dan timnas Inggris itu menambahkan jika dirinya sudah mengetahui kekuatan Skuat Garuda. 

"Saya rasa kami sudah bermain hebat melawan tim sekelas Thailand.  Jika kami bisa mempertahankan gaya permainan seperti laga tadi, saya yakin kami bisa mengalahkan Indonesia," kata Eriksson. 

Sedangkan kapten Filipina , Philip Younghusband mengaku selalu merasa senang bila bertanding melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. 

"Datang ke Indonesia selalu sangat menyenangkan. Fans sangat bergairah dengan sepakbola mereka, dan sungguh luar biasa. kami ingin mendapatkan kemenangan. Ketika kami menginjakkan kaki di lapangan pada tanggal 25, kami akan 100 persen memberikan hasil maksimal untuk masyarakat kami," pungkasnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa