Bersihkan Puing Bekas Gempa Palu, Pemerintah Tambah Alat Berat

Pembersihan puing-puing bekas gempa yang mengguncang Palu dan Donggala beberapa waktu lalu
Pembersihan puing-puing bekas gempa yang mengguncang Palu dan Donggala beberapa waktu lalu (Setkab)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah menambah jumlah alat berat yang dioperasikan untuk membersihkan sisa puing-puing bangunan yang runtuh saat gempa mengguncang Palu dan Donggala, beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ia mengatakan, alat berat yang dioperasikan tersebut berasal dari sekitaran Palu dan Donggala.

baca juga: Wali Kota Sebut Rumah ODP COVID-19 di Payakumbuh Akan di Pasang Stiker

"Alat berat kami sudah masuk yakni 6 unit di Petobo dan 4 unit di Balaroa termasuk 1 excavator dengan stone breaker dan akan kita tambah lagi mengingat luasnya wilayah terdampak," katanya.

Selain itu, sebut dia, juga sudah digunakan 4 excavator, 1 dump truck, 1 unit loader di Balaroa. Di Petobo telah ditempatkan 7 excavator, 1 backhoe loader, 1 dump truck.

baca juga: Besok Sirine Tsunami Bakal Berbunyi, BPBD Sumbar : Masyarakat Tak Perlu Cemas

Tambahan 2 excavator dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang di Makassar juga sudah tiba di Kota Palu .

Proses pembersihan Kota Palu dilakukan menggunakan alat berat berupa 3 unit excavator, 1 loader, 1 backhoe loader, 1 Grader, dan 4 dump truck.
Menurutnya, proses pembersiha kota tersebut ditargetkan akan selesai dalam waktu 2 minggu atau pertengahan Oktober 2018.

baca juga: Menunggu Ulang Tahun Tsunami Padang, BNPB Hadang Pakai Pohon

Di sisi lain, kata Basuki, selama masa tanggap darurat, pihaknya fokus untuk membantu evakuasi korban, penyediaan prasarana sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing, serta kemudahan konektivitas.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa