Tahun Ini, Kemenag Dijatah 17 Ribu Lebih CPNS

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Agama akan menerima 17.175 Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) pada rekrutmen serentak yang akan dilaksanakan 19 September 2018 mendatang. Jumlah itu adalah yang terbesar diantara 76 Kementerian/Lembaga di Indonesia.

Menurut catatan, tahun ini, sebanyak 76 Kementerian/Lembaga di Indonesia dijatah 59.309 formasi CPNS . Dari angka tersebut, 29 persen diantaranya akan masuk ke Kementerian Agama .

baca juga: Ini Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag , Ahmadi mengatakan, dengan jumlah tersebut, maka Kemenag akan menjadi etalase pengadaan CPNS Nasional di tahun ini. "Jika Pengadaan CPNS di Kementerian Agama sukses, maka Pengadaan CPNS Nasional sukses," katanya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyebutkan, untuk menjadi pegawai di Kemenag , setiap orang harus memiliki tiga hal, yakni kompetisi profesional dalam satuan kerja, dan hal itu bukan hal bisa ditawar.

baca juga: Kemenag Kembali Perpanjang Masa WFH ASN Hingga 4 Juni 2020

"Yang terpilih nanti adalah yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan pos dan bidangnya masing-masing," sebut Lukman dikutip dari laman resmi Kementerian Agama .

Hal kedua yang harus dimiliki CPNS Kemenag adalah komitmen keagamaan. "Komitmen keagamaan juga menjad cermatan. Yang saya maksud dengan komitmen keagamaan adalah mereka yang diterima nanti tidak lagi punya masalah dengan persoalan keagamaan," tutur dia.

baca juga: Kemenag Buka Kelas Virtual Literasi Zakat & Wakaf, Lihat Jadwalnya!

Komitmen kebangsaan, menjadi hal ketiga yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag . " CPNS Kemenag harus punya pemahaman memadai, syukur-syukur pemahaman yang baik, tentang apa itu Pancasila, apa itu konstitusi kita, NKRI kita, Bhineka Tunggal Ika, dan sebagainya," tegas Lukman.

Tiga hal ini menurut Menag Lukman harus menjadi cermatan dalam proses rekrutmen CPNS Kemenag . Mengingat, sebaran CPNS yang akan direkrut bukan hanya ada pada kantor pusat tetapi menyebar di seluruh satuan kerja Kementerian Agama di seluruh Indonesia.(*)

baca juga: Kado Lebaran, Bupati Irfendi Arbi Serahkan Ratusan SK PNS Guru SD

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa