ACT-MRI Sumbar: Bantuan untuk Muslim Rohinya di Sumbar Sudah Terkumpul Rp 3 Miliar

Manager Marketing ACT Foundation Sumbar, Zeng Welf menyerahkan plakat terimah kepada Pemkab Pessel serta Ketua Pessel Peduli Muslim Rohingya Lisda Hendrajoni, di Pessel
Manager Marketing ACT Foundation Sumbar, Zeng Welf menyerahkan plakat terimah kepada Pemkab Pessel serta Ketua Pessel Peduli Muslim Rohingya Lisda Hendrajoni, di Pessel (Kiki/Klikpositif)

PESSEL , KLIKPSOTIF --  Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation yang merupakan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumbar menyebutkan, donasi bantuan kabupaten/kota di Sumatera Barat sudah terkumpul mencapai Rp 3 Miliar untuk disalurkan kepada etnis Rohingya yang sedang masa pengungsian di Bangladesh.

"Untuk di Sumbar dari relawan kabupaten/kota termasuk dari Pemrov sendiri yang sudah kita kumpulkan dari  Pessel juga sudah mendekati nilai Rp 3 Miliar. Untuk seluruh Indonesia itu sudah mencapai angka Rp70 miliar," sebut Manager Marketing ACT Foundation Sumbar , Zeng Welf pada KLIKPOSITIF saat menerima donasi untuk Muslim Rohingya di Pessel .

baca juga: Sempat Hilang, Warga Kecamatan Pangkalan Ditemukan Selamat

Ia menjelaskan, hasil pengumpulan donasi yang tergerak dari kabupaten/kota di Sumbar seperti, Kota Padang diantaranya sudah menyalurkan sumbangan senilai Rp500 juta. Selain itu, dari Pemrov Sumbar senilai Rp750 juta, dan Kabupaten Pessel dengan nilai Rp 207 juta.

"Khusus untuk tahap 1, dari Padang sudah disalurkan sebesar Rp 500 juta. Pemvrov Sumbar Rp 750 juta, ditambah Pessel Ro 207 juta. Dan ini tahapan yang sangat luar biasa dari Sumbar , bantuan bisa terkumpul dengan cepat sekali," jelasnya .

baca juga: Hari Ini 5 Pasien Corona Sembuh di RSAM

Ia mengatakan, dari donasi yang terkumpul di Sumbar , ACT menilai kedermawanan masyarakat di provinsi ini sangat luar biasa. Hal itu,  terlihat dari aksi yang bergerak,  mulai pemerintahan hingga menyentuh berbagai komunitas serta lembaga, bahkan lapisan masyarakat hingga anak-anak yang ada, di daerah ini.

"Bahkan ada,  dari kawan-kawan komunitas kita yang datang ke kantor ACT di Padang begitu mendengar isu Rohingya ini dalam menyalurkan rasa kemanusiaan. Bagaimana, bisa saudara-saudara kita Rohingya bisa terbantu," terangnya.

baca juga: Tak Pandai Berenang, Seorang Anak Tenggelam di Bendungan Matur Agam

Sementara itu, gerakan yang dilakukan ACT Sumbar termasuk di seluruh Indonesia itu berjalan, sejak 25 Agustus 2017. Untuk penyaluran bantuan sendiri, dikumpulkan secara berkala di seluruh ACT di Indonesia untuk direalisasi segera bagi Muslim Rohingya.

"HArapan kita, apa yang kita lakukan ini bisa menambah bantuan yang sudah terkumpul dari saudara-saudara kita yang ada di Indonesia," katanya.

baca juga: Modus Penipuan Batu Delima Palsu, Ini Penjelasan Kapolres Payakumbuh

Lanjutnya,  dari donasi yang terkumpul sendiri,  ACT memprogramkan 1000 rumah layak huni di negara pengungsian,  100 mesjid, bahkan direncanakan pembangunan 100 pasar untuk memenuhi kebutuhan Muslim Rohingya, di Bangladesh.

"Kita juga merencanakan pembanguan sekolah untuk pendidikan, serta rencana pembukaan lahan ribuan hektare di sana.  Sehingga dari apa yang kita lakukan ini,  bisa mengurangi beban pemerintah Bangladesh ke depannya,"pangkas Zeng Welf.

[Kiki Julnasri Priatama]
 

Penulis: Rezka Delpiera